Sampaikan Usulan Pembangunan Pertanian, Bupati Taput Audiensi ke Kementerian Pertanian

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menemui Direktur Jendral PSP Kementan Dr Ir Ali Jamil MP. Pada pertemuan itu, Nikson menyampaikan berbagai usulan pembangunan pertanian.

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menemui Direktur Jendral PSP Kementan Dr Ir Ali Jamil MP. Pada pertemuan itu, Nikson menyampaikan berbagai usulan pembangunan pertanian. Yakni, berupa pengembangan mekanisasi, bantuan benih/bibit unggul komoditi bawang merah, buah-buahan, kopi, kakao, aren, dan peternakan.

Audiensi berlangsung di Gedung Kementan Jakarta, Senin (13/3/2023). Turut hadir mendampingi Nikson, Kadis Pertanian Taput Sey Pasaribu dan Kabid PSP Revansius Nababan.

Pada kesempatan tersebut, Nikson Nababan menjelaskan berbagai program prioritas pertanian yang sudah terlaksana. Seperti pembangunan prasaranan jalan, jembatan, irigasi, pengolahan lahan gratis, jaminan harga. Sampai distribusi pupuk bersubsidi ‘by name by address’. Sehingga dampaknya, di masa Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tapanuli Utara termasuk yang tertinggi di Sumatera Utara karena ada dukungan kontribusi sektor pertanian.

“Untuk mendukung visi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, dengan keterbatasan APBD, maka sangat diharapkan dukungan pemerintah pusat, termasuk Kementerian Pertanian. Terutama untuk pembukaan lahan-lahan yang belum produktif (lahan tidur). Untuk pengembangan lahan dengan komoditi-komoditi unggulan, sangat perlu mekanisasi. Terutama traktor mini dan traktor besar. Serta ketersediaan benih tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan,” papar Bupati Nikson.

Pada pertemuan tersebut, Dr Ir Ali Jamil MP berjanji akan memperhatikan berbagai usulan pembangunan pertanian dari Bupati Nikson. Apalagi selama ini mereka melihat Nikson Nababan sangat gigih untuk mempercepat pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment